indodutatransport


Kargo Terminologi

KARGO TERMINOLOGI
ISTILAH UMUM DALAM DUNIA KARGO 

Shipper : 
Shipper adalah Exporteer atau si Pengirim barang. Nama dan alamat lengkap Shipper harus tertulis jelas didalam dokumen2 seperti : Bill Of Lading, Packing List, Commercial Invoice, COO, PEB (Pemberitahuan Export Barang), PIB (Pemberitahuan Import Barang ketika Importir mengurus proses pengeluaran barang dari Pelabuhan). 

Consignee : 
Consignee adalah Importeer atau si Penerima barang. Nama dan alamat lengkap Consignee harus tertulis jelas didalam dokumen2 seperti : Bill Of Lading, Packing List, Commercial Invoice, COO, PEB (Pemberitahuan Export Barang), PIB (Pemberitahuan Import Barang ketika Importir mengurus proses pengeluaran barang dari Pelabuhan). 

Notify Party : 
Notify Party adalah pihak kedua setelah Consignee yang berhak untuk di beritahu tentang adanya suatu pengiriman dan penerimaan barang export / import. Dalam prakteknya, Nama dan Alamat Notify Party ini sama dengan nama dan Alamat Consignee. Tetapi ini semua tergantung dari perjanjian awal antara pihak Shipper dan Importeer. Nama dan alamat lengkap Notify Party harus tertulis jelas didalam dokumen2 seperti : Bill Of Lading, Packing List, Commercial Invoice, COO. Atau jika Notify Part sama dengan Consignee maka cukup ditulis SAME AS CONSIGNEE. 

Shipping Mark & Number : 
Shipping Marks & Number adalah jumlah carton dan tanda pengiriman yang tercantum di kemasan barang. Data Shipping Marks & Number ini tercantum didalam Packing List dan Bill Of Lading. 

Description of Goods : 
Adalah perincian barang. Description of Goods ini terdapat didalam Packing List (Lengkap) dan Bill Of Lading. Hanya saja penulisan data Description of Goods pada Bill Of Lading lebih sederhana atau hanya garis besarnya saja. Misalnya, didalam Packing List tertulis 2 drum minyak tanah, 5 jerigen bensin, 10 kalen g oli bekas. Maka pada Bill Of Lading cukup ditulis 17 Packages (total kemasan) of minyak tanah, bensin and oli bekas. 

G.W. : 
G.W. adalah singkatan dari Gross Weight. Yaitu berat kotor dari berat kemasan dan berat barang itu sendiri. Contoh berat barang itu 2 Kgs dan berat kemasannya 0.5 Kgs maka G.W. : 2.5 Kgs 

N.W. : 
N.W. adalah singkatan dari Net Weight / berat bersih yaitu berat barang sebelum di kemas. 

LCL
Less than Container Loaded yaitu jenis pengiriman barang tanpa menggunakan container dengan kata lain parsial. Jika kita menggunakan jenis pengiriman LCL, maka barang yang kita kirim itu ditujukan ke Gudang penumpukan dari shipping agent. Lalu dari pihak Gudang tersebut akan mengumpulkan barang2 kiriman LCL lain hingga memenuhi quota untuk di loading / di muat ke dalam container. 

FCL : 
Full Container Loaded yaitu jenis pengiriman barang dengan menggunakan container. Walaupun quantity barang tersebut lebih pantas dengan mode LCL, tetapi jika shipper mengirimkan barangnya dengan menggunakan container maka jenis pengiriman ini disebut dengan FCL. Pengiriman barang dengan mode FCL maka kita harus mendatangkan container ke Gudang kita untuk process stuffing (proses pemuatan barang). Setelah stuffing selesai, container itu kita segel dan kita kirimkan ke Tempat Penumpukan Peti Kemas di pelabuhan. Proses bagaimana cara mendatangkan container ke gudang kita akan di jelaskan pada bab yang lain. 

CFS : 
Container Freight Station yaitu mode pengiriman dari Gudang LCL Negara asal sampai ke Gudang LCL Negara tujuan. CFS-CFS menandakan bahwa mode pengiriman barang tersebut dengan cara LCL. 

CY : 
Container Yard yaitu mode pengiriman dari Tempat Penumpukan Peti Kemas Negara asal sampai ke Tempat Penumpukan Peti Kemas Negara tujuan. CY-CY menandakan mode pengiriman barang tersebut secara FCL. 

Vessel : Kapal 

Feeder Vessel : 
Kapal pengangkut container dengan kapasitas kecil yang mengangkut container dari pelabuhan muat menuju pelabuhan transit untuk di pindah ke Mother Vessel. Contoh : dari Tg. Priok menuju ke Singapore atau Hongkong….dsb 

Mother Vessel : 
Kapal pengangkut dengan kapasitas besar yang mengangkut container dari pelabuhan transit menuju pelabuhan tujuan. Catatan : Jika pengiriman barang dari pelabuhan muat (misalnya : Tg. Priok, Jakarta ) menuju pelabuhan bongkar (misalnya : Busan, Korea) dengan menggunakan 1 Kapal saja maka tidak ada istilah Feeder Vessel dan Mother Vessel. Istilah Feeder Vessel dan Mother Vessel jika pengiriman barang dari pelabuhan muat ke pelabuhan bongkar tersebut menggalami pergantian kapal. Misalnya : Pelabuhan muat Tg. Priok dan Pelabuhan bongkarnya Los Angeles, California. Sementara route pengiriman itu melalui Jakarta – Singapore menggunakan Kapal YM Glory dan Singapore – Los Angeles, CA mengunakan Kapal Hanjin Sao Paulo. Maka Feeder Vessel nya adalah YM Glory dan Mother Vesselnya adalah Hanjin Sao Paulo. 

Voyage : 
Nomor Keberangkatan Kapal yang biasa disingkat dengan V. atau Voy.. Nomor keberangkatan harus selalu ada dibelakang nama Kapal. Contoh : YM Glory V. 23 artinya Nama Kapal YM Glory dengan nomor keberangkatan kapal (Voyage) 23. 

ETD : 
Estimation Time of Departure adalah perkiraan waktu keberangkatan Kapal. 

ETA : 
Estimation Time of Arrival adalah perkiraan waktu kedatangan Kapal 

Free Time Demurage 14 Day : 
Bebas biaya pembongkaran di pelabuhan tujuan namun biasanya di pengaruhi besarnya biaya O/F

Bill Of Lading : 
atau biasa di singkat dengan B/L, arti sederhananya adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang. Form Bill Of Lading itu sendiri harus sudah mendapatkan legalitas dari dunia International sebagai alat / bukti pengiriman dan pengambilan barang export / import. Didalam Bill of Lading memuat data2 Shipper, Consignee, Notify Party, Vessel & Voy. No., Shipping Marks & Numbers, Description of Goods, GW, NW, Measurement, POD, POL, Destination 

P.O.L : Port Of Loading = Pelabuhan Muat 

P.O.D : Port Of Discharge = Pelabuhan Bongkar 

ITEM COST DALAM PENGAPALAN VIA KONTANER SECARA UMUM :
1. O/F (Ocean Freight / Biaya Pengapalan) / Kontainer
2. THC (Terminal Handling Charges) / Kontainer
     atau OPP (Ongkos Pelabuhan Pemuatan) dan OPT (Ongkos Pelabuhan Tujuan)
3. B/L (Bill Of Lading) / Documen Fee  / Dokumen / Shipment
4. Seal / Kontaner
5. Biaya Lain: Admin, Telex Release, Vat (Pajak) / Shipment, Custom Clearance (Bea Cukai)
6. Trucking / Kontainer
7. COO (Certificat of Original) untuk Komoditi Kayu
8. Fumigasi untuk penyemprotan hama/bakteri sesuai kebijakan setiap negara tujuan ekspo

JENIS PEMBAYARAN DALAM DUNIA KARGO:
1. PREPAID (Pembayaran biaya pengapalan dilakukan di pelabuhan pemuatan)
2. COLLECT (Pembayaran biaya pengapalan dilakukan di pelabuhan tujuan) 

UKURAN KONTAINER :
1. Jenis Kontainer untuk kargo :
    1. Kontainer Dry (Muatan kering)
    2. Kontainer Reefer (Muatan basah)
    3. Kontainer Open Top (Kontainer rangka)
    3. IsoTank (Muatan cairan/gas)
    4. Flexibax (Kemasan untuk kargo cair yang di masukkan dalam kontainer kering/dry)
 
2. Kontainer 20 Feet Dry:    
    Ukuran Luar     : P. 6,058 X L. 2,438 X T. 2,591
    Ukuran Dalam : P. 5,919 X L. 2,340 X T. 2,380
    Kubikasi   : 33 cbm
    Pay Load : 22,1 Ton

3. Kontainer 40 Feet Dry:
    Ukuran Luar     : P. 12,192 X L. 2,438 X T. 2,591
    Ukuran Dalam : P. 12,045 X L. 2,309 X T. 2,379
    Kubikasi  : 67,3 cbm
    Pay Load : 27,396 Ton

3. Kontainer 40 High Cube Dry:
    Ukuran Luar     : P. 12,192 X L. 2.438 X T. 2,926
    Ukuran Dalam : P. 12,045 X L. 2,347 X T. 2,684
    Kubikasi   : 76 cbm
    Pay Load : 29,6 Ton

HITUNGAN LCL :
1. Nilai dasar hitungan yang di ambil dalam kargo LCL:
    Dasar hitungan antara "Kg (Kilo Gram)" dan "CBM (Kubikasi)"
    atau antara besar berat barang dan Volume barang

2. MENGHITUNG KUBIKASI  RUMUS DASAR:
    Panjang (P) X Lebar (L) X Tinggi (T)
    P. 100 cm  L.100 cm  X T. 100 cm = 1.000.000 / 1.000.000 = 1 KUBIK

3. MENGHITUNG KUBIKASI KARGO DARAT, LAUT DAN UDARA:
    A. Penggunaan pembagian 1.000.000  = Untuk kargo via Kontainer atau Loss Kargo
    B. Penggunaan pembagian 6000           = Untuk kargo via Trucking - Kapal Roro / Pelni
    C. Penggunaan pembagian 4000           = Untuk kargo via Udara

<<< KIRIM DATA PACKING LIST / SHIPPING INTRUCTION ANDA:  ALAMAT TUJUAN DETAIL (UNTUK DOORING: NAMA PROVINSI, KOTA, KECAMATAN, DESA DAN JALAN) ---------- DETAIL NAMA BARANG BESERTA UKURANNYA, SEPERTI: JUMLAH, BERAT (KG/TONASE), VOLUME (CBM/KUBKASI/ UKUR: PANJANG X LEBAR X TINGGI) BARANG                                                                    KIRIM: SMS: 0852.3132.5788 / FAX: (031) 534.7654 / EMAIL: iwan.logistics99@gmail.com / EMAIL:  indodutatransport@gmail.com                                                       <<< "PERHATIAN KEPADA PELANGGAN TERCINTA, HARGA SEWAKTU-WAKTU BERUBAH TANPA HARUS PEMBERITAHUAN TERLEBIH DAHULU">>>                                                                TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA..!!                                                   PT. INDO DUTA TRANSPORT - MOTTO KAMI:"AMAN, CEPAT, KOMPETITIVE & TERPERCAYA"...>>>